AJAK BAYI MAIN CERMIN

Berbagai permainan cermin ini akan melatih motorik halus dan motorik kasar bayi. Anda juga bisa lebih membangun bonding dengan si bayi. Lakukan dengan gembira!

  1. Tummy fun. Bayi senang melihat bayangannya di cermin. Letakkan dia di depan cermin, saat tummy time. Bayi akan terdorong berlatih mengangkat kepalanya sebagai tahapan persiapan untuk merangkak.  
  2. “Itu kamu, sayang!” Letakkan bayi Anda di atas pangkuan di depan cermin. Tunjukkan kepada bayi bayangannya di cermin. Sentuh bagian-bagian wajahnya sambil menunjukkan kepadanya dan menyebutkan namanya. Misalnya, “Ini hidungmu, sayang…”, “Yang ini telinga!” dan “Yang ini namanya rambut.” Sekali pun bayi Anda belum mengerti istilah yang Anda sebutkan, dia menikmati permainan ini.
  3. Tiru gerakan. Berdiri atau duduk di depan sebuah cermin besar, dan pegang bayi di depan Anda. Lakukan gerakan sederhana, seperti mengangkat salah satu tangan, menggelengkan kepala, atau menyentuh hidung. Katakan kepadanya apa yang sedang Anda lakukan. Bila bayi merespons dengan melakukan suatu gerakan, Anda tiru gerakan tersebut. Dia akan memahami Anda sedang meniru tingkahnya.
  4. Buat suara. Buatlah mimik-mimik lucu, dan berbagai ekspresi wajah di depan cermin untuk ditiru anak. Gerakkan lidah Anda ke atas, ke bawah, dan ke kanan ke kiri sambil mengeluarkan suara, misalnya “lalala.” Lakukan permainan menggunakan bibir, seperti mencium dan tersenyum, dan buatlah suara-suara dengan beragam bentuk bibir. Contohnya, “aaa”, “ooo”, “eee”, “uuu.” Gantian tirukan mimik wajah dan suara si bayi.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s