PANCA INDERA BAYI 0 – 3 BULAN

Perkembangan panca indera berbeda di setiap tahapan usia. Ini yang terjadi pada panca indera bayi 0-3 bulan. 

Penglihatan: bayi baru lahir umumnya dapat menggerakan kepalanya ke kanan dan kiri, namun proses penglihatannya masih terbatas. Jarak pandangnya baru mencapai 30cm, dan ini merupakan jarak yang sesuai baginya untuk mengenali wajah Anda saat menyusuinya. Kemampuannya akan bertambah di usia 6 minggu, dia dapat melihat obyek benda yang dipindahkan dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya.

Pendengaran: sejak dilahirkan, bayi sering terlihat kaget bila ada suara bernada tinggi atau keras disekitarnya. Tetapi dia belum mampu fokus terhadap asal sumber suara.  Pada usia 2 bulan, dia mulai merespon senyum dan suara Anda. Dia juga mulai bisa diajak ngobrol , menirukan suara bayi atau baby talk dapat menstimulasi penglihatan, pendengaran dan verbalnya.

Peraba: Beberapa saat setelah persalinan, indera peraba bayi langsung beradaptasi dengan suhu ruangan, saat itulah dia dihadapkan dengan perasaan dingin untuk pertama kalinya, begitu juga dengan perubahan suhu ketika menyusu di payudara Bunda serta saat mulai mengenakan pakaian. Namun, dia juga bisa merasa tidak nyaman bila pakaian yang membungkusnya terlalu tebal dan tidak menyerap keringatnya. Di samping itu, sentuhan sangat penting untuk bayi, melalui sentuhan dia akan belajar banyak tentang lingkungan barunya. Bayi tahu bahwa dia dicintai dan diperhatikan ketika mereka dipegang, dipeluk dan dicium. 

Pengecap dan Penciumankedua  indera ini memiliki kaitan yang erat. Bayi baru lahir akan memilih ke arah bau yang disukainya dan berpaling dari bau yang tidak dia suka. Dia juga mulai belajar mengenal rasa manis pada ASI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s